Kamis, 17 April 2014

Modifikasi Mitsubishi Lancer : Evolution Maniac



Jakarta, BosMobil.com - Mitsubishi Lancer Evolution memang merupakan salah satu mobil legenda di dunia balap. Mobil sport 4 pintu tersebut dilahirkan dengan performa yang menjanjikan, ditambah desain bodi yang ciamik. Berbicara performa memang sudah tidak diragukan lagi, apalagi jika kena sentuhan modifikasi pada bagian mesin yang membuat tenaga melonjak drastis.

Hal ini membuat penggunanya (maupun pura-pura pengguna) menjadi tergila-gila akan mobil lansiran Jepang tersebut. Contoh saja bos kita yang berinisial WB ini, doi sudah memiliki Mitsubishi Lancer Evolution 8 dengan modifikasi yang lumayan ekstrim. Ya kalau sudah maniak, pasti saja ingin ‘lebih’. Makanya WB membangun 1 unit Lancer lagi yang kali ini merupakan Mitsubishi Lancer Evolution 4.

Just For Daily Use

Agar terwujud, doi mencari Mitsubishi Lancer lokal untuk dijadikan bahan sebagai ubahan ke Mitsubishi Lancer Evolution 4. Setelah mendapatkannya, langsung saja melakukan praktek konversi. Mulai dari bodi yang dijejalkan parts bodi Mitsubishi Lancer Evolution 4 seperti bemper depan-belakang, pintu, lampu, spoiler, dan lain-lain. Untuk menonjolkan sisi sporty khas JDM, mobil dicat dengan warna putih.


Hampir seluruh bagian interior merupakan parts dari Mitsubishi Lancer Evolution 4. Untuk speedometer-nya mengandalkan lansiran Ralliart yang memiliki perbedaan lumayan signifikan. Namun uniknya pada sunroof. “Sebenarnya ini Lancer CBU yang mesinnya sudah MIVEC. Nah itu standarnya udah ada sunroof-nya,” ungkap Echin dari Engine+ yang ditunjuk WB untuk praktek konversi mobilnya.



Namanya maniak, pastinya performa juga menjadi sorotan utama. Mesin kebanggaan 4G63T yang bertenaga sekitar 280 HP menjadi jantung utamanya, namun WB membisikkan kepada workshop agar hanya dioptimalkan. “Turbo ganti bawaan Evo 8. Untuk penyempurnaan aja, karena generasi yang terbaru kan pasti lebih bagus. Ukuran turbo juga lebih gede dikit,” jelas Echin.

Penggantian turbo meliputi bagian lainnya, mulai exhaust system yang di-custom dari workshop, intercooler hingga turbo piping. “Ini paket murmer buat mobil harian, ga perlu bongkar sana sini,” katanya. Kemudian sebagai penyempurnaan lagi, ECU bawaan dipensiunkan, gantinya ECU dari Mine’s. “Biar lebih cihuy bang, dan juga bisa tembus limiter,” sambungnya lagi.

Transmisi termasuk kaki-kaki merupakan parts dari Mitsubishi Lancer Evolution 4. Untuk itu, sasis sedikit dilakukan modifikasi agar sistem 4-wheel drive (4WD) bisa masuk ke Lancer. “Tapi kalau rem pake bawaan Evo 6, soalnya ukuran lebih gede, jadi lebih kuat. Velg juga pake Evo 6,” pungkasnya.

Hasilnya membuat WB tersenyum, karena bisa mengendarai mobil dari keluarga Mitsubishi Lancer Evolution untuk sehari-harinya. “Tenaga naik sekitar 5% ya, tapi ganti turbo bikin tarikan lebih responsif. Ya yang punya emang pengen pake harian, makanya power steering juga masih ada, A/C juga dingin,” tutup Echin.

Wah yakin nih buat harian selamanya? Hehehe…
Spec
Engine : OEM Mitsubishi Lancer Evolution 4 (4G63T), OEM Mitsubishi Lancer Evolution 8 Turbo, Custom Exhaust System, Custom Turbo Piping, Custom Intercooler, OEM Mitsubishi Lancer Evolution 4 Transmission, Mine’s ECU.
Footwork : OEM Mitsubishi Lancer Evolution 4 Four-Wheel System, OEM Mitsubishi Lancer Evolution 6 Brake System, OEM Mitsubishi Lancer Evolution 6 Wheels, Goodyear Assurance Fuel Max 215/45R17 Tires.
Exterior : OEM Mitsubishi Lancer Evolution 4
Interior : OEM Mitsubishi Lancer Evolution 4, Ralliart Instrument Cluster.

Powered by : Engine+, Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar