Kamis, 17 April 2014

Modif Honda Civic Estilo : Enjoy The Passion Of Speed



BosMobil.com - Selain makhluk sosial, manusia memang tidak pernah merasa puas. Namun terlebih pengalaman maupun kesan manis masa muda selalu dirasakan oleh setiap manusia. Setidaknya inilah yang coba ditunjukkan Honda Civic Estilo milik Echin.
Honda Civic Estilo
“Sebelumnya, gue pake Accord tapi main aliran elegant. Nah namanya mobil elegant kan pake velg gede, pastinya berat dong dibawa lari. Ya akhirnya ganti ke Estilo ini deh. Tapi dulu juga pas SMA, gue pernah pake Kijang, karbu-nya pake 4 barrel. Kayaknya passion gue emang ngebut ya,” buka Echin pemilik sekaligus modifikator dari workshop Engine+.

D-Series Turbo

Biasanya kebanyakan pemilik Honda memodifikasi aliran Naturally Aspirated (N/A), beda untuk Echin memilih Force Induction dengan mencangkokan turbo. Bosen bos? “Ah gak juga bos,” jawabnya. Terus, apa dong bos? “Gue dulu main N/A juga kok untuk Estilo gue yang buat drag. Lagi pengen ngerasain aja turbo,” ungkap Echin. Kemudian mesin D-Series yang masih single cam ini tetap dipertahankan. “Ya biar bisa nandingin aja kalo ketemu mobil yang pake mesin B-Series. Makanya dikasih turbo,” jujurnya.
Honda Civic Estilo
Namun tidak asal pasang turbo saja, beberapa langkah harus ditempuh olehnya untuk mendukung pemakaian turbo. Internal mesin sudah diganti terlebih dahulu seperti camshaft, klep, stang piston, serta piston berkompresi rendah. Tidak lupa blok mesin dibuat closed deck yang di-sleeve secara custom agar kuat saat turbo bekerja.
Honda Civic Estilo
Selanjutnya untuk turbo, Echin memilih turbo bawaan mesin Nissan Silvia yaitu SR20DET. Jika melihat ukurannya, turbo tersebut untuk mesin berkapasitas 2.000 cc, sedangkan Honda Civic Estilo ini berkapasitas 1.600 cc. Gak kegedean bos? “Justru gue ngerasa kekecilan bos setelah gue pasang kesini,” bilangnya.
Honda Civic Estilo
Penambahan turbo pun mengakibatkan efek modifikasi di bagian lainnya. Seperti pasokan angin ke dalam mesin harus besar, yaitu penggunaan intake Edelbrock Performer X. Kemudian pasokan bensin juga harus banyak. Nah, injector bawaan D-Series masih dipertahankan karena dirasa cukup, tapi juga ditambahkan extra injector yang dibuat menempel pada intake dibuat secara custom. Pipa-pipa turbo maupun exhaust di-custom seluruhnya yang berakhir di knalpot Tanabe.
Honda Civic Estilo
Honda Civic Estilo
Honda Civic Estilo
Pake NOS biar JOS!!! Echin juga menambahkan nitrous berlabel NOS agar mendapatkan tenaga tambahan sewaktu-waktu dibutuhkan. Lalu ECU bawaan D-Series masih dipertahankan karena menurutnya masih cukup untuk kebutuhan mesinnya, jadi hanya ditambahkan piggyback Dastek Unichip untuk pengaturannya.
Honda Civic Estilo
Agar tenaga tidak terbuang percuma, Echin mempercayakan kopling berlabel ACT. Selanjutnya kaki-kaki juga diperkuat dengan penggunaan velg lebih besar, pillar c bar, serta suspensi coilover D&D agar lebih stabil saat dipacu kecepatan tinggi.
Honda Civic Estilo
Honda Civic Estilo
Saat diukur di mesin dyno, Echin mengaku Honda Civic Estilo-nya meraih angka sebesar 330 HP dengan boost sebesar 1,2 bar. “Nah itu dia gue ngerasa kekecilan turbo-nya. Soalnya kenaikan tenaganya itu flat kalo lu liat grafiknya, kayak mesin N/A aja. Kalo turbo lain kan ngelonjak gitu,” jujurnya.
Honda Civic Estilo

For Daily Use

Honda Civic Estilo
Meskipun sudah dimodifikasi mesinnya untuk passion ngebutnya, namun Echin masih menggunakannya secara harian. Makanya bodi Honda Civic Estilo dibiarkan standar apa adanya, tanpa mengurangi bobot seperti yang dilakukan banyak orang.
Honda Civic Estilo
Hal demikian juga terjadi di bagian interior yang tergolong lengkap. Hanya saja untuk mendukung passion-nya, Echin menggunakan jok BRIDE, lalu shift knob Skunk2, dan stir Nardi. Tidak ada embel-embel lainnya, kecuali spidometer JDM, indikator Defi untuk informasi kondisi mesin, lalu shift light dan boost controller dari A’PEXi.
Honda Civic Estilo
Honda Civic Estilo
“Emang mobil harian bos. Itu aja power steering masih normal jalan kayak biasanya. A/C juga jalan, tapi karena deket banget ama exhaust, jadi jarang gue nyalain,” tutupnya.
Spec
Engine : D16 VTEC, CP Low Compression Pistons, Eagle Connecting Rods, Crower Camshaft, Crower Valve Springs, SR20DET Factory Turbo, XS Power Exhaust, Floek Intercooler, Edelbrock Performer X Intake, Custom Turbo Piping, Custom Exhaust Piping, Tanabe Hyper Medallion Muffler, Custom Extra Injector, Walbro 255LPH Fuel Pump, NOS Wet System, ACT Clutch, Dastek Unichip Piggyback.
Footwork : 15” Wheels, Achilles 123 Tires 195/50R15, D&D Coilover Suspension, Godspeed X Bar, Beaks Tie Bar.
Interior : BRIDE Vorga Seats, Skunk2 Shift Knob, Nardi Torino Steering Wheel, JDM Instrument Cluster, Defi Gauges, ULTRA Shift Light, A’PEXi AVC-R Boost Controller.
Exterior : Spoon Sports Side Mirrors, Spoon Sports Rear Spoiler.

Powered by : Engine+, Jakarta Utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar