Selasa, 15 April 2014

Ford Cortina 1976 : Flaming Australian Muscle Car Bertubuh Kekar



Jakarta, BosMobil.com - Lekuk tubuh Ford Cortina yang berotot nan kekar memang sangat memikat hati. Belum lagi ditambah wajahnya yang dihiasi lampu depan bulat besar bak sepasang mata yang sedang menatap tajam ke depan membuat Ford Cortina tampak sangat agresif dan sangar. Jadi, wajar saja jika kemudian Andrian jatuh cinta dengan Ford Cortina kelahiran 1976 ini.
Ford Cortina 1976
Riwayat singkatnya, Ford Cortina berkulit merah darah ini dulunya merupakan salah satu mobil kesayangan teman dari kakeknya Andrian yang dibeli sejak baru. Kemudian seiring berputarnya jarum jam, akhirnya Ford Cortina inipun sudah tak lagi menemani sang kakek dan akhirnya perawatan Ford Cortina bermesin 4 silinder ini pun diteruskan oleh Andrian sejak 1998 silam.
Ford Cortina 1976
Mengingat usianya yang sudah tak muda lagi, maka tak heran jika dek dan sisi bawah keempat pintunya keropos. Akibatnya, bagian ini terpaksa dipotongnya dan selanjutnya diganti dengan plat besi baru. Namun dibalik kekurangannya itu, Ford Cortina yang sebelumnya berkulit putih susu ini masih dilengkapi talang air dan kaca-kaca jendela yang masih melekat sejak baru hingga kini.
Ford Cortina 1976
Sedangkan demi menambah nilai estetika dan menunjang sisi keamanan berkemudi, lantas menambahkan sepasang spion orisinil Ford Cortina di kedua sisi pintu depan dan juga mika lampu sein berkelir putih. “Spion ini memang asalnya dari Australia khusus Ford Cortina. Jadi waktu itu kebetulan saya lihat di internet dengan harga yang lumayan terjangkau. Ya udah akhirnya saya beli. Tapi kalau mika lampu sein putih memang aslinya ada yang berwarna putih, dan waktu itu saya beli di daerah Senen,” kenang Andrian.
Ford Cortina 1976
Ford Cortina 1976
Tak begitu berbeda dengan interiornya yang masih dilengkapi dengan setir kemudi, dashboard, dan tuas perseneling asli bawaan sang Ford Cortina, dengan kondisi yang cukup terawat. Sementara untuk pelapis jok dan doortrim, Andrian mengadopsikan pelapis non-orisinil namun dengan warna dan motif yang mirip aslinya.
Ford Cortina 1976
Ford Cortina 1976
Usia pakai yang sudah lebih dari 30 tahun membuat kaki-kaki Ford Cortina ini lelah. Maka tak pelak jika kemudian Andrian bagian tie rod, long tie rod, dan ball joint dengan yang baru dan sesuai aslinya.
Ford Cortina 1976
“Karena cari komponen yang aslinya udah susah, akhirnya sokbreker dan per belakangnya saya ganti dengan punya Mercy.Tapi untuk roda depan masih pakai sokbreker dan per aslinya,” sebut Andrian yang tinggal di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur ini. “Oh iya..untuk velg-nya, dari pertama saya beli memang sudah pakai velg Toms ukuran 13 inci. Velg aslinya udah dijual sama pemilik sebeumnya,” tambahnya.
Ford Cortina 1976
Walaupun ketika pertama kali ditemukan mesinnya sudah tak berfungsi lagi, namun Ford Cortina ini belum pernah sekalipun mengalami ‘turun mesin’. Untuk ‘menghidupkannya’ lagi, Andrian cukup melakukan tune-up, ganti oli, ganti accu, dan ganti packing kepala silinder. Wow...!
Ford Cortina 1976
Ford Cortina 1976
Enam bulan kemudian sejak pertama dibeli, proses restorasinya pun berhasil dituntaskan oleh Andrian. Saluuuuttttt.............!
Ford Cortina 1976

3 komentar:

  1. Thank bro tuk gambarnya,onderdilnya langka minta tolong dong,bahan bahan ford cortina yang bisa di substitusi(kanibal)dengan onderdil mesin mobil lain!

    BalasHapus
  2. Beli onderdilnya dmn bos yg lengkap utk ford cortina ? Nuhun

    BalasHapus
  3. Jd ingat sm ford Cortina saya mobil bandel kuat dan seksi

    BalasHapus