Kamis, 17 April 2014

Modifikasi Honda Civic Estilo : K-Series Inside



BosMobil.com - Sebelum Honda Civic Estilo yang kami liput ini, Hans Gunawan pernah memiliki mobil yang sama namun beda spesifikasi. Ya, mobil sebelumnya di-modifikasi dengan memakai mesin B18C dari Integra DC2 untuk menyalurkan hobinya yaitu ngebut. “Terakhir pakai B18C selama 4 tahun dan sudah bosan,” ucap Hans. Untuk melihat artikel Honda Civic Estilo sebelumnya, bisa klik disini.
Honda Civic Estilo Modifikasi
Oke deh, back to topic, Hans memang sudah memiliki rencana untuk mendapatkan performa lebih dari Honda Civic Estilo-nya. Secara kebetulan, temannya ingin menjual Honda Civic Estilo berwarna putih dengan mesin K20R, Hans pun langsung melakukan negosiasi alot. "Jika ganti mesin pakai mobil yang lama, pasti biaya lebih besar dibandingkan beli jadi," ucapnya.
Honda Civic Estilo Modifikasi
Yes... K20R ini adalah mesin bawaan dari Honda Integra Type-R DC5. Ente pasti tau lah, Type-R memang didesain dengan performa yang lebih sangar. Mesin yang berkapasitas 2.000 cc lengkap teknologi i-VTEC ini memiliki tenaga standar 225 HP. Apalagi didukung dengan transmisi 6-speed, bukan main dehhh.
Honda Civic Estilo Modifikasi
Meskipun tenaga sudah termasuk 'gede', Hans pun tidak menerima kenyataan begitu saja. Sejumlah parts pendukung untuk meningkatkan tenaga pun dipasangkan, mulai dari header, fuel rail, fuel pressure regulator, air filter lansiran Hybrid Racing, kemudian Spoon Sports N1 Muffler dan masih banyak lagi. Apalagi mesin dibikin eye-catching nan bersih berkat mengadopsi sistem Wire Tuck.
Honda Civic Estilo Modifikasi
Semua parts telah terpasang, kinerja mesin pun disempurnakan. Kali ini, ECU bawaan K20R harus dilengserkan, gantinya adalah Hondata K-Pro yang memang khusus untuk mesin K-Series. "Pakai Hondata karena lebih lengkap fiturnya. Lagian kalo pake K20R lebih baik pakai Hondata. Kan Hondata for Honda Freak," jelasnya.
Honda Civic Estilo Modifikasi
Dengan masih mengandalkan internal mesin bawaan serta kompresi standar yaitu 11,4:1 , Honda Civic Estilo yang memakai kap mesin karbon dan spion Spoon Sports ini memiliki tenaga yang lebih besar, yaitu 270 HP dengan torsi 290 Nm. Beuhhh...
Honda Civic Estilo Modifikasi
Meskipun demikian, bagi Hans ini adalah masih permulaan. "Mau tuning ulang ECU-nya lagi supaya dibuat lebih agresif. Kalo kurang puas, yah berarti spec-up internal mesin, ehehehe. So far, sekarang dinikmati dulu deh," ucap pria humoris ini. Wah, 270 HP belum cukup bos? Ampun...

Velg 15 Inci Masih Pas

Honda Civic Estilo Modifikasi
Tenaga yang besar, kaki-kaki juga harus diperkuat. Makanya kaki-kaki Honda Civic Estilo ini oleh Hans juga dilakukan modifikasi. Tetapi kali ini, Hans masih menggunakan velg berukuran 15x6,5 inci lansiran Volk Rays CE28 Time Attack yang mana ukuran tersebut menurut pemikiran redaksi masih kurang besar untuk menahan tenaga 270 HP. "Gue pikir Estilo itu paling pas ring 15. Traksi masih dapet asal bejek gas-nya teratur," tukasnya.
Honda Civic Estilo Modifikasi
Siap bos, selain itu suspensi pun diganti dengan jenis coilover dari TEIN berikut Skunk2 Tie Bar dan lower arm control Function7 Engineering. Faktor keselamatan juga didukung oleh rem GReddy 6-pot Mini Brake System.
Honda Civic Estilo Modifikasi
Honda Civic Estilo Modifikasi
Cihuy lah hehehe...

Speedometer Honda S2000

Honda Civic Estilo Modifikasi
Ada sesuatu yang unik ketika masuk ke dalam kabin Honda Civic Estilo milik Hans ini. Yaitu dengan diaplikasikannya speedometer Honda S2000 yang memang tampil digital. "Jarang yang memakai speedometer S2000. Harusnya sih lebih akurat ya," ucap Hans.
Honda Civic Estilo Modifikasi
Honda Civic Estilo Modifikasi
Sementara itu, bagian yang tidak penting dicopot seperti bangku belakang dan trim di bagian belakang untuk kejar bobot enteng. Pergantian beberapa bagian seperti jok Bride Digo, setir Spoon Sports, dan K-Tuned Shift Knob dilakukan untuk mengejar aura racing. "Gak ada juga yang duduk di belakang hehehe," ucap pria yang sudah berkeluarga ini.
Honda Civic Estilo Modifikasi
Hans’s Honda Civic Estilo
Engine : K20R Engine Swap With P&P and Crank Balance, Hybrid Racing Engine Mounting, Hybrid Racing Air Filter With Velocity Stack, Hybrid Racing Oil Cap, Hybrid Racing Fuel Rail, Hybrid Racing Fuel Pressure Regulator, Hybrid Racing Header, Spoon Sports N1 Muffler, Koyorad Radiator With J’s Racing Rad-Cap, Aluminium Power Steering Tank,  Oil Cooler.
Wheels&Suspension : Volk Rays CE28 Time Attack Edition 15x6,5 Inch, Toyo R1R 195/50R15, TEIN Coilover Suspension, Skunk2 Tie Bar, Function7 Engineering LCA, Cusco Strut Bar & Rear Strut Bar, GReddy 6-pot Mini Brake System.
Interior : Honda S2000 Gauge Cluster, Bride DIGO Seats, Spoon Sports Steering Wheel, K-Tuned Shift Knob, Pillar C Bar.
Exterior : Carbon Hood, Spoon Sports Mirrors, OEM Lips, OEM Wing, Rear Towing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar