Senin, 01 Desember 2014

THE PATRIOT – BUELL ULYSSES XB12X ’07

Mungkin tidak banyak orang yang familiar dengan engine V-Twin USA keluaran Buell Motorcycle Company, pabrikan motor yang mulai berdiri pada tahun 1983 dimotori oleh Erik Buell yang sebelumnya bergabung di Harley Davidson Motorcycle sebagai engineering. 10 tahun kemudian Harley Davidson Motorcycle mengakuisisi 49% saham Buell Motorcycle Company dan berkolaborasi menghasilkan mesin dengan keluaran tenaga yang lebih besar dari mesin-mesin keluaran Harley Davidson Motorcyle termasuk juga mesin Buell Ulysses XB12X keluaran tahun 2007 yang dipilih oleh Mr. A (tidak ingin namanya disebut) untuk dibangun bergaya Classic Cafe Racer.Saat pertama kali datang sebetulnya Mr. A memilih Honda CB350 Twin untuk memuaskan hasratnya memiliki motor kustom bergaya Cafe Racer, saat proses berjalan dan disodori sebongkah mesin Buell XB12X ini membuat rencana konsep yang awalnya sudah disiapkan berubah total. “Liat konfigurasi engine V-Twin dengan tenaga yang dahsyat pastinya bakal lebih mencekam yah Mas…”. ungkap pria ramah ini sembari memutuskan untuk mengganti project kustom menggunakan mesin Buell XB12X ini. Konsep yang dikejar lebih mengarah ke ubahan Classic Cafe Racer, kelar diskusi soal detail dan perangkat yang akan dipasang maka dimulailah proses pengerjaan motor yang setelah kelar dijuluki THE PATRIOT ini.
Langkah awal pengerjaan menentukan desain sasis yang pas untuk dijejalkan mesin Buell XB12X ini. Lewat proses diskusi diputuskan membuat sasis ala featherbed untuk dapat lebih mengentalkan wujud Classic Cafe Racer yang diinginkan sang mpu-nya motor. Material pipa seamless 1 Inch pun dipilih sebagai bahan dasar pembuatan sasis tersebut. Lanjut ke tahapan pembuatan bodi yang mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm, pada bagian tangki dibentuk model tangki Norton yang memang dari sananya sudah berdesain sangat klasik, ditambah buntut hornet dibagian belakang sebagai ciri khas bentukan motor-motor Cafe Racer. Kelar proses pengerjaan sasis dan bodi giliran setting kaki-kaki dilakukan. Shock depan teleskopik 41 mm copotan Honda CB400SF dijejalkan bersanding dengan lingkar roda TK Japan 18X2.50 Inch berpadu ban Coker Diamond Thread 4.00-18. Sementara untuk buritan lengan ayun custom dengan peredam kejut copotan Sportster dengan tinggi 13,5 Inch dipasang untuk dapat dimasukkan lingkar roda TK Japan 18X3.00 Inch plus karet bundar Coker Diamond Thread 4.50-18. Masuk ke tahapan pengecatan dipilih oleh Mr. A dominan warna merah dan putih dari warna bendera Indonesia sebagai wujud rasa cinta terhadap bangsa Indonesia. Untuk bahan cat dipilih oleh Komet Studio keluaran Sikkens termasuk merk yang sama untuk pernisnya. Sektor kemudi dipasangkan stang clip on yang juga produk aftermarket untuk moge Jepang dengan master serta kaliper rem depan keluaran Nissin. Merk yang sama untuk perangkat pengereman juga dipilih pada bagian belakang. Lampu-lampu dipilih produk aftermarket yang memang akan bisa harmonis dengan wujud akhir motor ini nantinya. Sektor mesin tidak dilakukan pembenahan apa-apa karena dirasa sudah cukup mumpuni dan bisa membawa motor ini melaju kencang saat dipakai riding, hanya saja filter udara custom serta saluran buang yang juga custom dibuat khusus untuk sedikit menambah performa plus keluaran suara yang cukup menggelegar.
Sungguh suatu kepuasan bisa menuntaskan pengerjaan motor ini, bisa disebut pemilihan konsep serta mesin yang dijejalkan mampu memberikan hasil yang maksimal. Warna yang dilaburkan ke bagian bodi juga memberikan identitas tersendiri bagi kita sebagai warga negara Indonesia, mampu menunjukkan bahwa dengan keterbatasan yang ada industri kustom di negara kita mampu tumbuh sebagai industri kreatif yang luar biasa. Pun begitu tidak sedikit orang yang memberikan penilaian positif pada hasil akhir motor ini, baik saat diajak riding maupun beberapa orang yang kebetulan datang ke workshop STUDIO MOTOR. Kecintaan kami terhadap negara ini membuat kami memilih nama THE PATRIOT untuk motor ini, yang pasti let’s do the ton Brother!!!
Spesifikasi :
  • Frame Custom Featherbed by STUDIO MOTOR
  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Shock Depan Teleskopik 41 mm
  • Velg TK Japan 18X2.50 Inch & 18X3.00 Inch
  • Ban Coker Diamond Thread 4.00-18 & 4.50-18
  • Lengan Ayun Custom
  • Shock Belakang HD Sportster 13.5 Inch
  • Stang Clip On
  • Footstep Aftermarket
  • Lampu Depan & Belakang Aftermarket
  • Gir & Rantai TK Japan
  • Exhaust Custom by Asky Muffler

Tidak ada komentar:

Posting Komentar