Kamis, 27 November 2014

THE DRILL – HARLEY DAVIDSON SOFTAIL 1340 EVO ’97

Sejak pertama kali diskusi soal keinginan membangun sebuah motor pilihan engine dari Harley Davidson sebetulnya sudah ditetapkan oleh Panji Aryo Prabowo, dimulai dari rencana membangun dari nol dengan menggunakan engine HD Sportster XL1200 hingga akhirnya secara mantap Bro Panji, begitu biasa disapa, memilih Harley Davidson Softail 1340 Evo untuk project pertamanya ini. “Beberapa kawan menyarankan Softail Evo untuk dijadikan bahan Mas, plus juga saran dari Mas Donny,  mengingat budget yang masih masuk dari rencana biaya yang saya siapkan jadi sekalian saja kita pakai basic HD Softail Evo untuk di kustom…”, ujarnya saat memutuskan motor donor yang akan digunakan.Proses hunting dimulai untuk mendapatkan motor yang diinginkan hingga akhirnya secara tidak sengaja mendapatkan HD Softail Evo 1340 keluaran tahun 1997 dengan kondisi motor yang masih sangat terawat. Setelahnya diskusi soal konsep terus bergulir dari ide awal membangun dengan konsep Pro Street sampai akhirnya pria yang berdomisili di daerah Cibubur ini mantap memilih tampilan Oldskool Bobber dengan pertimbangan tampilan akhirnya nanti tidak cepat membosankan.
Proses awal pengerjaan melucuti seluruh bodi serta kelengkapan lain bawaan motor hingga hanya disisakan sasis dan mesin. Shock depan tetap mengandalkan bawaan motor dengan pertimbangan kenyamanan saat diajak riding. Untuk lingkar velg juga masih menggunakan bawaan motor, sedikit sentuhan dengan melabur velg dan juga hub roda dengan warna hitam. Mengejar kesan klasik karet bundar Firestone Deluxe Champion 5.00-16 dipilih untuk depan dan belakang. Selesai mengerjakan bagian kaki-kaki giliran bodi digarap. Mengandalkan material plat galvanil dengan ketebalan 1.2 mm seluruh bagian bodi meliputi fender depan, tangki, jok dan juga fender belakang dibuat sesuai dengan konsep yang diinginkan si mpu-nya motor. “Jangan lupa untuk dibuatkan alas jok boncenger ya Mas supaya bisa riding berduaan dengan istri nanti…”, pesan Bro Panji sesaat sebelum proses pembuatan bodi dimulai. Untuk warna disesuaikan dengan tema oldskool yang dipilih, laburan kombinasi warna coklat dan gold plus sentuhan pen stripping motif batik menjadi bagian dari konsep keseluruhan saat pemilihan detail warna dan tema airbrush yang diinginkan Bro Panji. Melengkapi proses pengerjaan beberapa parts pendukung dipilih langsung pria yang bekerja disalah satu perusahaan asing pengeboran minyak ini, stang ape hanger 16 inch, forward control billet specialties berikut hand controlnya, filter udara keluaran RSD dan juga saluran buang 2 in 2 racikan Sampsons membuat tampilan motor ini secara keseluruhan menjadi lebih gahar.
Hampir tiga bulan seluruh rangkaian pengerjaan motor ini tuntas dilakukan. Bertepatan dengan event Kustomfest 2014 bulan Oktober lalu motor yang dijuluki THE DRILL oleh pemiliknya ini di uji coba penuh rute Jakarta – Yogyakarta. Tampilannya yang lebih berkesan nakal dengan style bobber yang khas mampu mendatangkan respon yang positif dari setiap orang yang melihat. Terpenting dari semuanya bahwa THE DRILL dengan basic Harley Davidson Softail 1340 Evo ini adalah pencerminan jiwa Bro Panji dan juga pengejawantahan dari apa yang ada dibenak Bro Panji selama ini. Start doing things You love Brother!
Spesifikasi :
  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Ban Firestone Deluxe Champion 5.00-16
  • Stang Ape Hanger 16 Inch
  • Lampu Depan JUTE
  • Forward Control Billet Specialties
  • Hand Control Billet Specialties
  • Side Bag OEM Harley Davidson
  • Filter Udara RSD
  • Exhaust 2 in 2 SAMPSONS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar