Kamis, 27 November 2014

DeKARO – HARLEY DAVIDSON SPORTSTER XL883 ’06

Inspirasi kadang bisa datang dari mana saja, termasuk juga dari keragaman budaya Indonesia. Ini diamini oleh Kleist Singarimbun saat membuat project kustom dari satu unit engine Harley Davidson Sportster XL883 lansiran tahun 2006. “Suku Batak Karo punya kain khas yang disebut Uis Adat Karo Beka Buluh Mas, pola grafis emasnya menurut saya sangat bagus diaplikasikan pada saat proses painting dan airbrush nanti…”, begitu ucap pria lajang yang berprofesi sebagai seniman ini saat mengutarakan apa yang menjadi keinginannya. Berbekal beberapa konsep dan ide yang dilakukan saat berbincang di workshop STUDIO MOTOR maka dimulailah proses pengerjaan motor yang betul-betul dikerjakan dari nol ini.
Bentukan rangka dibuat mengacu pada konsep yang sudah disepakati, model hardtail dengan sudut rake 30 derajat dipilih untuk tetap mempertimbangkan kenyamanan saat nantinya motor diajak riding oleh Bro Kleist. Sementara dibagian depan shock teleskopik copotan HD Sportster dipasang untuk memberikan peredaman yang maksimal. Kesan unik didapat saat memilih lingkar roda, velg Enkei Japan 7 Spoke 19X2.50 & 16X3.00 inch copotan salah satu motor keluaran pabrikan Jepang justru dipilih oleh Bro Kleist untuk dipasang dengan berpadu karet bundar Avon Cobra 120/70-19 untuk depan dan 150/80-16 untuk buritan. “Keren juga Mas pakai velg klasik Jepangan, justru itu seni kustom, kita bisa bebas berekspresi…”, ujar Bro Kleist saat melihat bagian lingkar roda terpasang. Kelar keseluruhan bagian rangka dan kaki-kaki terpasang giliran bodi digarap, menggunakan material plat galvanil 1.2 mm tangki yang dibentuk ala peanut, tangki oli serta spatboard belakang dibuat menyesuaikan dengan dimensi rangka untuk memberikan hasil akhir harmonis. Tuntas pengerjaan bodi giliran Komet Studio ambil bagian, sapuan warna hitam dengan kombinasi stripping halus berpadu dengan garis tegas warna emas yang diambil dari sebagian motif  Uis Adat Karo Beka Buluh. Material cat dan pernis mengandalkan keluaran Sikkens yang mampu memberikan hasil maksimal di proses pengerjaan painting & airbrush. “Sedap lihatnya Mas, gak sia-sia menunggu hasil pengecatan lebih dari satu bulan…”, sambung pria yang tinggal didaerah Depok – Jawa Barat ini. Pamungkas dari rangkaian project kustom ini adalah memasang peranti yang dirasa pas dengan tampilan motor keseluruhan. Stang fat bar lansiran Khrome Werks, Forward Control Bikers Choice serta lampu depan dan belakang aftermarket serta knalpot custom 2 in 2 freeflow memberikan aksentuasi tersendiri di final proses pengerjaan motor yang berjuluk DeKARO ini.
Jujur saat menuntaskan proses pengerjaan motor ini ada kepuasan tersendiri yang kita rasakan. Aura oldskool chopper dengan ciri khas hardtail frame berpadu apik dengan beberapa peranti modern yang terpasang di motor milik Bro Kleist ini. Pun begitu dengan apa yang dirasakan oleh sang pemilik motor, “tampilan akhir yang mewah Mas, kesan simpel yang tidak hilang tapi betul-betul terlihat sangat elegan, terbayang untuk sedikit menambahkan satu atau dua peranti pendukung untuk lebih mengentalkan aura mewah yang ada…”, ucap Bro Kleist saat melihat hasil akhir tampilan motor yang proses pembuatannya betul-betul dinikmati olehnya. Tersirat juga rasa bangga bahwa negara kita memang betul-betul memiliki ratusan atau bahkan ribuan kekayaaan budaya dari tiap-tiap suku yang ada dan sangat pantas untuk dituangkan dan di eksploitasi di sebuah karya kustom. That’s why we called it DeKARO!
Spesifikasi :
  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Frame Custom Hardtail by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg Enkei Japan 7 Spoke 19X2.50 & 16X3.00 Inch
  • Avon Cobra 120/70-19 & 150/80-16
  • Lampu Depan Aftermarket
  • Lampu Belakang JUTE
  • Handlebar Khrome Werks
  • Forward Control Bikers Choice
  • Exhaust Custom by Asky Muffler

1 komentar:

  1. Mejuah juah
    Numpang nanya senina, itu motif apa kam buat di motorndu itu? aku ada rencana mau buat di motorku juga, cuma gak tau motifnya yang gimana. kasi saran lah senina hehe

    Bujurr.

    BalasHapus