Selasa, 18 Maret 2014

CAFÉ RACER HONDA WIN 95 RONGSOKAN YANG JADI IDOLA


ImageSaat ini sedang menjadi trend tersendiri motor-motor lansiran tua tahun 90 disulap menjadi motor yang lebih  sedap dipandang dan unik. Salah satunya dimodif menjadi café racer seperti motor milik bro Tonny Teddy ini. Basicnya adalah motor Honda Win 1995, Honda ini dimasanya dikenal sebagai motornya para pegawai negeri. Berkapasitas mesin 100cc tapi tepatnya sih hanya 97cc. motor ini lincah disegala medan, baik pegunungan, aspal maupun menerjang banjir sekalipun dan sangat minim perawatannya.
Tapi bagi seorang modifikator seperti bro Teddy Tonny dalam melihat motor ini memiliki tantangan tersendiri ketika merestorasi motor bermesin tidur dan diubah menjadi model café racer, tidak banyak para modifikator yang doyan dengan mesin tipe tidur untuk dirubah menjadi café racer.
Pengerjaan motor ini dikerjakan di Bengkel Diwa Kustomlaughters Garage dikawasan Cimanggis Depok. Proses pengerjaan cukup singkat hanya membutuhkan waktu 2 bulan. Menjadi klasik ketika melihat model ini mengingatkan kita akan era motor balap tahun 1960 di Inggris negeri asal model café racer ini.
Dalam pengerjaan motor ini, Teddy di bantu seorang temannya yaitu bro Wahyu dalam menyelesaikan modifikasi. “Ada beberapa bagian yang dipotong seperti bagian rangka belakang yang dipotong kisaran 15cm, dimodifikasi bagian rangka dudukan tengki agar bisa disematkan tengki Suzuki A100. Disini perlu membuatkan dudukan baru buat si tengki agar kokoh dan presisi” tukas Wahyu disela sela pemotretan motor.
ImageTidak hanya itu tengki ini sebenarnya telah dimodifikasi ulang, dari bentuk aslinya tengki Suzuki A100, dimana bagian kupingannnya (Shroud) dipangkas dan dihilangkan, bagian dalam tengki dicoak sekitar 7cm agar bisa masuk kedalam rangka Honda Win.
“Bagian buritan belakang, yang menjadi ciri khas dari café racer adalah model bulat setengah lingkaran bola, bentukya ini dibuat dengan memanfaatkan Helm bekas half face, dipotong dan dibuatkan dudukan lubang untuk lampu rem belakang. Terlihat rapi dan genit sedikit bahenol, namun tetap sporty dan macho. Untuk bagian Arm dan cassis tetap menggunakan rangka ori dari Honda Win, agar masih tetap terlihat basic motornya Honda Win”, tutur bro Teddy.
ImageBagian shock depan disematkan shock milik Suzuki Thunder 125, model stang di custom dari stang Ninja 150 yang pemasanganya dibalik nunduk ke bawah, khas café racer. Untuk velg menggunakan ring 17, dibalut dengan ban Mizzle model Taranis, agar terkesan sporty dan modern bagian roda penggerak di pasangkan Gir SINNOB. Bagian Jok juga dicustom agar pas saat nyemplak dan enak didudukin.
Semua menjadi kontras dan terlihat manis, ketika motor tua yang di pandang sebagian orang menjadi besi tua disulap menjadi motor yang penuh nilai seni dan memiliki harga yang tinggi. Perpaduan warna orange dan hitam doff menjadikan motor ini semakin elegan, sedap dipandang mata. (Rdx13)
ImageImageImageImageImage
Data Modifikasi :
Basic Motor : Honda Win 95
Velg dan Ban : Velg Ring 17 2.50 Belakang dan Depan 2.15, Ban Mizzle Teranis
Gir : Sinnob Merah
Shock Belakang : YSS 38
Shock Depan  : Suzuki Thunder 125
Body : Custom
Tengki : Suzuki A100
Rangka : Ori Honda Win 95
Jok : Custom
Stang : Kawasaki Ninja 150
Bengkel : Diwa Kustomluaghters Garage, Perumahan Permata Arcadia Blok H 10 Cimanggis Depok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar