Tertarik untuk mengubah tampilan
Kawasaki Ninja 250 rakitan tahun 2011 membuat Ismail Saleh pasrah
mengirim motor kesayangannya ke Jakarta untuk digarap bergaya Scrambler
seperti apa yang diidamkannya selama ini. “Style ala Scrambler terlihat
asyik Mas, lebih nyaman diajak riding dan yang pasti dengan tampilan
kustom membuat kita terlihat beda saat riding…”, begitu ucap pria yang
akrab disapa Koko ini saat menyampaikan apa yang diinginkannya. Pun
begitu salah satu yang mendorong pria lajang ini merombak total wujud
asli motor kesayangannya tersebut juga didasari pada kecintaan dan
hobinya di dunia Otomotif sehingga saat diskusi soal konsep dan
penggunaan part yang akan dijejali lebih mengalir dan secara cepat
disepakati walau dilakukan via telepon.Usai
disetujui keseluruhan konsep dan pemilihan part-part yang diinginkan
oleh Bro Koko maka dimulai proses pengerjaan motor yang secara garis
besar ubahannya terinspirasi dari ubahan Kawasaki Ninja 250 THE BLUSTER
yang pernah dibuat oleh STUDIO MOTOR.
Tahap awal pengerjaan fokus pada
mengganti keseluruhan perangkat kaki-kaki bawaan motor. Dibagian depan
Bro Koko sudah menyiapkan satu set Upside Down copotan Suzuki GSXR-1000
untuk mengganti shock depan teleskopik original motor. Untuk lingkar
roda sendiri dipilih Velg jari-jari TK Japan 18X3.00 Inch dengan dipadu
karet bundar Shinko E705 120/80-18. Dibagian buritan lengan ayun
original Ninja 250 tetap dipertahankan, hanya saja sistem peredam kejut
yang aslinya monoshock dirubah double shock dan sedikit memanjangkan
lengan ayun bawaan motor. Untuk peredam kejutnya sendiri dipercayakan
pada shock YSS Z-Series 360 mm. Untuk roda belakangnya dipilih velg TK
Japan 18X3.50 Inch berpadu dengan ban Shinko E705 150/70-18. Tuntas
aplikasi kaki-kaki baru giliran bagian bodi digarap, bermodalkan plat
galvanil 1,2 mm tangki dibuat dengan mengambil konsep bentuk ala tangki
Triumph dengan bentuk rounded-nya yang khas. Sementara bagian spatboard
depan – belakang serta cover accu dibentuk minimalis mengacu pada
keinginan Bro Koko membuat wujud motornya lebih simpel. Kelar pengerjaan
bodi dan sedikit ubahan dibagian sub frame (rangka belakang) lanjut ke
proses pengecatan. Komet Studio melabur bagian tangki dengan warna
abu-abu plus guratan stripping dibagian atas kanan tangki dan warna
hitam dibagian spatboard depan – belakang serta cover accu. Untuk
material catnya sendiri dipilih keluaran Sikkens termasuk juga untuk
pernisnya. Di pengerjaan akhir beberapa peranti penunjang dipasang demi
memaksimalkan konsep Scrambler yang diusung. Stang fatbar keluaran Pro
Bikers, lampu depan dan belakang aftermarket serta penggunaan knalpot
custom 2 in 1 racikan Flash Muffler Custom membuat wujud akhir motor
yang dijuluki THE SECOND BLUSTER ini menjadi lebih beraura.
Rampung seluruh rangkaian pengerjaan
membuat apa yang diidamkan Bro Koko menjadi kenyataan, wujud akhir dari
konsep Scrambler yang diusung dengan kaki-kaki yang kekar memberikan
warna tersendiri dari ubahan Kawasaki Ninja 250 kali ini. “Pas seperti
apa yang saya inginkan Mas, hanya mungkin akan saya tambahkan peranti
Takometer untuk bisa memantau putaran mesin tiap waktu, tapi secara
keseluruhan tampilannya sudah oke banget Mas, gak sabar pengen segera
saya ajak riding di Lampung…”, begitu ungkap pria yang berdomisili di
Bandar Lampung ini. Let’s ride your bike Dude…!
Spesifikasi :
- Body Custom by STUDIO MOTOR
- Painting & Airbrush by KOMET Studio
- Shock Depan Upside Down Suzuki GSXR-1000
- Velg TK Japan 18X3.00 Inch & 18X3.50 Inch
- Ban Shinko E705 120/80-18 & 150/70-18
- Shock Belakang YSS Z-Series 360 mm
- Rantai TK Japan Gold
- Stang Pro Bikers
- Exhaust System by Flash Muffler Custom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar