Bukan tanpa sebab bagi Aditya Eka
Prakasa memilih konsep tampilan Cafe Racer untuk diterapkan pada Honda
CB400 Superfour lansiran tahun 1997 miliknya, konfigurasi mesin inline 4
cylinder 400 CC DOHC keluaran Honda Motor Company tersebut memang
terkenal cukup beringas untuk motor dengan kategori medium bike
tersebut. “Sepertinya lebih pas dibuat tampilan balap jadul Mas, apalagi
saya mendapatkan motor ini dengan kondisi mesin yang masih sangat
baik…”, begitu ungkap pria yang sedang menunggu kelahiran anak keduanya
tersebut.Detail konsep ubahan dijabarkan
langsung oleh Bro Adit, begitu biasa dia disapa, sampai pada detail
penggantian komponen-komponen yang akan diaplikasikan pada project-nya
kali ini. Wujud khas Cafe Racer Britania Raya disasar oleh Bro Adit
dengan sedikit menyentuh pada kesan modern nantinya. Kelar diskusi
ringan dengan sang mpu-nya motor maka dimulailah proses pengerjaan motor
yang pertama kali dikeluarkan Honda pada tahun 1992 ini.
Ubahan awal fokus pada melungsurkan
kaki-kaki bawaan motor, shock depan teleskopik bertukar tempat dengan
shock Upside Down copotan Suzuki GSXR-600. Untuk lingkar roda Bro Adit
menginginkan untuk menggunakan velg model jari-jari, untuk itu hub roda
depan dan belakang dibuat khusus agar bisa klop dengan piringan cakram
dan juga gear belakang bawaan motor. Velg-nya sendiri dipilih keluaran
TK Japan dengan ukuran 17X3 Inch dan 17×5 Inch yang dipadukan dengan ban
Bridgestone Battlax S20 120/70-17 dan 180/55-18 untuk bagian depan dan
buritan. Lengan ayun dan shock belakang masih tetap mengandalkan bawaan
motor karena dirasa masih sangat mumpuni untuk menunjang tampilan akhir
nantinya. Kelar proses pengerjaan aplikasi kaki-kaki lanjut dengan
proses pembuatan bodi. Bentuk tangki dibuat seperti tampilan Norton
Dominator Cafe Racer racikan El Solitario MC dengan ciri khas lekukan
dibagian depan untuk mendapatkan radius putar yang maksimal karena
penempatan stang dibawah segitiga. Bagian buritan dibentuk seperti
khasnya tampilan Cafe Racer, hanya saja disini Bro Adit menginginkan
buntut tawon yang langsung dibuat dengan bahan jok. Setelahnya giliran
Komet Studio melabur bagian tangki, spatboard depan dan cover battery
dengan pilihan warna hitam solid dengan sedikit kombinasi stripping
silver dibagian atas tangki dengan mengandalkan base coat serta vernish
labelan Sikkens. Pamungkas dari ubahan dari motor Honda CB400SF ini
adalah aplikasi lampu depan dan belakang aftermarket serta saluran buang
konfigurasi 4-1 racikan Flash Muffler Custom.
Kelar pengerjaan motor yang berjuluk THE
CARRERAS ini cukup membuat tampilannya menjadi lebih segar dengan
desain Classic Cafe Racer dengan paduan sentuham modern dibagian
kaki-kaki. “Pas Mas, simpel tapi elegan banget tampilannya, sesuai
dengan desain konsep yang saya inginkan…”, ucap Bro Adit saat melihat
hasil akhir dari pengerjaan motornya tersebut. Pun begitu dengan wujud
barunya motor ini mampu menyedot perhatian orang saat diajak riding,
begitu pula saat beberapa orang yang kebetulan datang ke workshop STUDIO
MOTOR, kesan simpel tanpa banyak embel-embel variasi justru menguatkan
aura Honda CB400SF dengan wujud Cafe Racer sebenarnya. Let’s ride THE
CARRERAS!!.
Spesifikasi :
- Body Custom by STUDIO MOTOR Custom Bike
- Painting & Airbrush by KOMET Studio
- Upside Down Suzuki GSXR-600
- Velg Depan TK Japan 17X3.00 Inch + Bridgestone Battlax S20 120/70-17
- Velg Belakang TK Japan 17X5.00 Inch + Bridgestone Battlax S20 180/55-17
- Rantai TK Japan Gold
- Lampu Depan & Belakang Aftermarket
- Shock Belakang Showa Racing
- Exhaust System by Flash Muffler Custom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar