Mungkin tidak banyak orang yang
familiar dengan engine V-Twin USA keluaran Buell Motorcycle Company,
pabrikan motor yang mulai berdiri pada tahun 1983 dimotori oleh Erik
Buell yang sebelumnya bergabung di Harley Davidson Motorcycle sebagai
engineering. 10 tahun kemudian Harley Davidson Motorcycle mengakuisisi
49% saham Buell Motorcycle Company dan berkolaborasi menghasilkan mesin
dengan keluaran tenaga yang lebih besar dari mesin-mesin keluaran Harley
Davidson Motorcyle termasuk juga mesin Buell Ulysses XB12X keluaran
tahun 2007 yang dipilih oleh Mr. A (tidak ingin namanya disebut) untuk
dibangun bergaya Classic Cafe Racer.Saat
pertama kali datang sebetulnya Mr. A memilih Honda CB350 Twin untuk
memuaskan hasratnya memiliki motor kustom bergaya Cafe Racer, saat
proses berjalan dan disodori sebongkah mesin Buell XB12X ini membuat
rencana konsep yang awalnya sudah disiapkan berubah total. “Liat
konfigurasi engine V-Twin dengan tenaga yang dahsyat pastinya bakal
lebih mencekam yah Mas…”. ungkap pria ramah ini sembari memutuskan untuk
mengganti project kustom menggunakan mesin Buell XB12X ini. Konsep yang
dikejar lebih mengarah ke ubahan Classic Cafe Racer, kelar diskusi soal
detail dan perangkat yang akan dipasang maka dimulailah proses
pengerjaan motor yang setelah kelar dijuluki THE PATRIOT ini.
Langkah awal pengerjaan menentukan
desain sasis yang pas untuk dijejalkan mesin Buell XB12X ini. Lewat
proses diskusi diputuskan membuat sasis ala featherbed untuk dapat lebih
mengentalkan wujud Classic Cafe Racer yang diinginkan sang mpu-nya
motor. Material pipa seamless 1 Inch pun dipilih sebagai bahan dasar
pembuatan sasis tersebut. Lanjut ke tahapan pembuatan bodi yang
mengandalkan material plat galvanil 1.2 mm, pada bagian tangki dibentuk
model tangki Norton yang memang dari sananya sudah berdesain sangat
klasik, ditambah buntut hornet dibagian belakang sebagai ciri khas
bentukan motor-motor Cafe Racer. Kelar proses pengerjaan sasis dan bodi
giliran setting kaki-kaki dilakukan. Shock depan teleskopik 41 mm
copotan Honda CB400SF dijejalkan bersanding dengan lingkar roda TK Japan
18X2.50 Inch berpadu ban Coker Diamond Thread 4.00-18. Sementara untuk
buritan lengan ayun custom dengan peredam kejut copotan Sportster dengan
tinggi 13,5 Inch dipasang untuk dapat dimasukkan lingkar roda TK Japan
18X3.00 Inch plus karet bundar Coker Diamond Thread 4.50-18. Masuk ke
tahapan pengecatan dipilih oleh Mr. A dominan warna merah dan putih dari
warna bendera Indonesia sebagai wujud rasa cinta terhadap bangsa
Indonesia. Untuk bahan cat dipilih oleh Komet Studio keluaran Sikkens
termasuk merk yang sama untuk pernisnya. Sektor kemudi dipasangkan stang
clip on yang juga produk aftermarket untuk moge Jepang dengan master
serta kaliper rem depan keluaran Nissin. Merk yang sama untuk perangkat
pengereman juga dipilih pada bagian belakang. Lampu-lampu dipilih produk
aftermarket yang memang akan bisa harmonis dengan wujud akhir motor ini
nantinya. Sektor mesin tidak dilakukan pembenahan apa-apa karena dirasa
sudah cukup mumpuni dan bisa membawa motor ini melaju kencang saat
dipakai riding, hanya saja filter udara custom serta saluran buang yang
juga custom dibuat khusus untuk sedikit menambah performa plus keluaran
suara yang cukup menggelegar.
Sungguh suatu kepuasan bisa
menuntaskan pengerjaan motor ini, bisa disebut pemilihan konsep serta
mesin yang dijejalkan mampu memberikan hasil yang maksimal. Warna yang
dilaburkan ke bagian bodi juga memberikan identitas tersendiri bagi kita
sebagai warga negara Indonesia, mampu menunjukkan bahwa dengan
keterbatasan yang ada industri kustom di negara kita mampu tumbuh
sebagai industri kreatif yang luar biasa. Pun begitu tidak sedikit orang
yang memberikan penilaian positif pada hasil akhir motor ini, baik saat
diajak riding maupun beberapa orang yang kebetulan datang ke workshop
STUDIO MOTOR. Kecintaan kami terhadap negara ini membuat kami memilih
nama THE PATRIOT untuk motor ini, yang pasti let’s do the ton Brother!!!
Spesifikasi :
- Frame Custom Featherbed by STUDIO MOTOR
- Body Custom by STUDIO MOTOR
- Shock Depan Teleskopik 41 mm
- Velg TK Japan 18X2.50 Inch & 18X3.00 Inch
- Ban Coker Diamond Thread 4.00-18 & 4.50-18
- Lengan Ayun Custom
- Shock Belakang HD Sportster 13.5 Inch
- Stang Clip On
- Footstep Aftermarket
- Lampu Depan & Belakang Aftermarket
- Gir & Rantai TK Japan
- Exhaust Custom by Asky Muffler
Tidak ada komentar:
Posting Komentar