Kolaborasi yang positif dan sinergi
antara tiga builder/workshop terbukti bisa memberikan hasil yang
maksimal terhadap sebuah karya, hal ini berlaku pada Harley Davidson
Sportster XL883 lansiran 2006 milik Zubastian Rachman. Konsep Pro Street
yang diidamkan mampu diwujudkan secara apik dengan proses kerja yang
dilakukan oleh Dodi dari Dodi Chrome Cycles, Ariawan Wijaya dari Baru
Motor Sport (BMS) dan STUDIO MOTOR Custom Bike. Totalitas yang
dihasilkan terbukti memberikan kepuasan tersendiri bagi sang mpu-nya
motor yang akrab disapa Tian ini. “Apa yang saya inginkan adalah sebuah
motor yang bisa menjadi personifikasi saya Mas…”, begitu ucap pria ramah
tersebut saat sedang asyik diskusi di workshop STUDIO MOTOR.Bagaimana
runtutan proses kerja terhadap motor yang dibangun awal dari sebuah
mesin Sportster XL883 ini? Yuk kita simak tahapannya.
Awal proses pengerjaan Bro Tian
mempercayakan kepada Dodi dari Dodi Chrome Cycles untuk membuatkan
bagian sasis ala softail yang kental aroma pro street-nya beserta bagian
bodi seperti spatboard depan dan belakang, tangki serta wadah penampung
oli mesin. Setting kaki-kaki juga dilakukan dengan memasangkan Upside
Down copotan Yamaha R1 untuk peredam kejut depan. Lingkar roda sendiri
dipilih velg keluaran PM dengan dimensi 21X2.50 inch dan 18X12.00 inch
yang dipadukan dengan karet bundar Metzeler Marathon 100/90-21 dan Avon
Cobra 310/40-18 untuk depan dan belakang. Lanjut melakukan penyesuaian
dudukan mesin serta membuatkan cover lampu depan dan juga spoiler
minimalis yang ditempatkan di area down tube depan pada sasis di
workshop STUDIO MOTOR. Mengejar kelurusan puli depan dan belakang pada
saat dipasangkan belt 139 dibuatkan adaptor baru sepanjang 6 cm beserta
cover puli depan yang dibuat dengan material besi plus finishing chrome.
Kelar seluruh proses pengerjaan lanjut ke pengecatan. Dominasi warna
hitam dengan sentuhan airbrush wajah Joker dan juga beberapa aksen
pendukung dengan sedikit konsep realis disematkan oleh Komet Studio guna
menampilkan kesan garang dan nakal pada motor ini nantinya. Tidak lupa
Bro Tian membubuhkan nama Zuta sebagai bukti kecintaan pada putri
pertamanya. “Konsep airbrushnya asyik Mas, lebih mengentalkan kesan
garang yang saya inginkan…”, ucapnya saat melihat hasil akhir dari
proses pengecatan motor kesayangannya tersebut. Lanjut proses finishing
giliran Ariawan Wijaya dari Baru Motor Sport (BMS) ambil bagian,
memasangkan beberapa peranti yang kebetulan ada di workshop-nya yang
terletak di kawasan Palmerah semakin mendongkrak hasil akhir dari
pengerjaan motor milik Bro Tian. “Kebetulan beberapa peranti kayak disc
depan Honda CBR600R, master rem depan dan belakang, kaca spion, dan
lain-lain ada di toko gue Bro, pas dilihat cocok dengan konsep motor Bro
Tian tersebut, ya sudah langsung aja gue pasangin…”. ucap builder yang
berasal dari Jawa Tengah tersebut menambahkan informasi mengenai
part-part yang dipasangkan.
Terbukti setelah seluruh rangkaian
proses pengerjaan selesai motor ini menjadi salah satu kebanggaan Bro
Tian, selain enak dipandang dengan pengerjaan yang tepat motor ini masih
cukup enak dibawa riding sang mpu-nya saat week end walaupun membopong
ban extra lebar dibagian belakang. “Banyak orang tanya Mas apa motor ini
bisa diajak jalan atau hanya sekedar pajangan dirumah? saya sampaikan
saja kalau setiap week end pasti saya nikmatin motor ini untuk sekedar
solo riding atau hang out bareng dengan teman-teman lain, walau tetap
kita juga harus tau style riding yang pas saat membawa motor ini…”,
ungkap Bro Tian yang juga riding dengan motornya saat sesi pemotretan
dilakukan. “Gak sia-sia banyak waktu yang dikorbankan, tapi sejauh ini
saya puas dengan hasil akhirnya…”, tutup pria yang bekerja disalah satu
group media ternama di Indonesia saat berbincang via telepon. So….when
THE NAUGHTY JOKER laugh, what do you think Brothers??.
Spesifikasi :
- Body Custom by DCC & STUDIO MOTOR
- Frame Custom by DCC
- Painting & Airbrush by Komet Studio
- Upside Down Yamaha R1
- Velg Depan PM 21X2.50 Inch + Metzeler Marathon 100/90-21
- Velg Belakang PM 18X12.00 Inch + Avon Cobra 310/40-18
- Cover Pulley Custom by STUDIO MOTOR
- Disc Depan Honda CBR600R
- Master Rem Depan Nissin
- Lampu Depan HD V-Rod
- Billet Rear Pulley PM
- Mid Control Custom by DCC
- Spion Rizoma
- Exhaust Custom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar