Kamis, 27 November 2014

The Bike Brahala Sewu



THE RECKLESS – HARLEY DAVIDSON SPORTSTER XL1200R ’05

Seluk beluk roda dua dan dunia kustom adalah suatu hal yang baru bagi Verdika Griya Purnama, tetapi saat pria lajang ini mencoba untuk menikmatinya justru secara total langsung menjatuhkan pilihan pada basic mesin yang tidak biasa dilakukan oleh orang-orang yang baru masuk ke dunia tersebut. “Sekalian saja Mas, tanggung kalau masih pakai mesin dengan cc kecil, mending langsung kita pilih yang memiliki isi silinder besar jadi bisa lama nikmatinnya…”, begitu ucapnya saat berdiskusi untuk memilih mesin yang akan akan digunakan pada project perdananya kali ini. Tuntas diskusi soal konsep apa yang diinginkan Bro Verdi, begitu biasa dia disapa, akhirnya dipilih membangun sebuah motor berbekal mesin Harley Davidson Sportster XL1200R produksi tahun 2005. Sengaja dipilih karena mengingat kemudahan dan kepraktisan dalam merawat yang memang menjadi satu syarat mutlak bagi Bro Verdi.
Awal proses pengerjaan difokuskan pada membangun total rangka yang disesuaikan dengan konsep yang diinginkan Bro Verdi, dibuat dengan mengandalkan material pipa seamless 1 Inch rancang bangun rangka dibuat mengacu ala sasis softail. Rake komstir dibuat dengan sudut kemiringan 30 derajat demi pertimbangan handling yang mantap nantinya. Kelar proses pembuatan rangka giliran dilakukan setting pada sektor kaki-kaki. Shock depan teleskopik 39 mm bawaan HD Sportster dipasang termasuk juga velg casting original Sportster 19X2.50 inch untuk mengisi bagian depan. Karet bundar dipilih Firestone Deluxe Champion 4.00-19 untuk mengejar tampilan klasik pada motor ini nantinya. Untuk bagian belakang shock copotan HD Softail dipilih untuk meredam guncangan secara maksimal. Sama seperti bagian depan satu set velg casting bawaan HD Sportster dengan dimensi 16X3.00 Inch berpadu dengan Firestone Deluxe Champion 5.00-16 dipasangkan seperti permintaan Bro Verdi. Lanjut di bagian bodi, menggunakan material plat galvanil 1.2 mm bagian tangki dan spatboard belakang dibuat lengkap dengan tangki oli custom yang dibuat menggunakan material yang sama. Usai proses tersebut giliran Komet Studio ambil bagian dengan melabur seluruh bagian bodi dengan warna hitam solid dan kombinasi doff dengan stripping minimalis warna gold untuk memberikan aksen elegan. Materialnya sendiri tetap dipilih keluaran Sikkens untuk base coat dan clear-nya. Pamungkas dari seluruh proses pengerjaan adalah menjejalkan beberapa peranti pendukung seperti raiser Accel, stang fatbar keluaran Khrome Werkz, filter udara Performance Machine dan saluran buang custom racikan Asky Muffler.
Tuntas seluruh proses pengerjaan memberikan kepuasan tersendiri bagi Bro Verdi, proses yang dilakukan setahap demi setahap mampu mewujudkan apa yang diinginkannya selama ini. “Mantap Mas, tinggal nanti kita tambahkan beberapa peranti yang bisa mendongkrak tampilan lebih oke lagi Mas…”, ucapnya saat melihat hasil akhir project perdananya ini dan menjajal langsung motor idamannya ini. Tampilan minimalis yang nakal dengan sentuhan elegan dari motor yang diberi nama THE RECKLESS ini memang mampu membuat orang lain yang kebetulan melihat memberikan apresiasi positif. THE RECKLESS was born Mate!
Spesifikasi :
  • Frame Custom by STUDIO MOTOR
  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by Komet STUDIO
  • Shock Depan OEM HD Sportster
  • Velg OEM HD Sportster 19X2.50 Inch & 16X3.00 Inch
  • Ban Firestone Deluxe Champion 4.00-19 & 5,00-16
  • Stang Khrome Werkz
  • Filter Udara Performance Machine
  • Lampu Depan Aftermarket
  • Lampu Belakang FTW
  • Exhaust Custom by Asky Muffler

DeKARO – HARLEY DAVIDSON SPORTSTER XL883 ’06

Inspirasi kadang bisa datang dari mana saja, termasuk juga dari keragaman budaya Indonesia. Ini diamini oleh Kleist Singarimbun saat membuat project kustom dari satu unit engine Harley Davidson Sportster XL883 lansiran tahun 2006. “Suku Batak Karo punya kain khas yang disebut Uis Adat Karo Beka Buluh Mas, pola grafis emasnya menurut saya sangat bagus diaplikasikan pada saat proses painting dan airbrush nanti…”, begitu ucap pria lajang yang berprofesi sebagai seniman ini saat mengutarakan apa yang menjadi keinginannya. Berbekal beberapa konsep dan ide yang dilakukan saat berbincang di workshop STUDIO MOTOR maka dimulailah proses pengerjaan motor yang betul-betul dikerjakan dari nol ini.
Bentukan rangka dibuat mengacu pada konsep yang sudah disepakati, model hardtail dengan sudut rake 30 derajat dipilih untuk tetap mempertimbangkan kenyamanan saat nantinya motor diajak riding oleh Bro Kleist. Sementara dibagian depan shock teleskopik copotan HD Sportster dipasang untuk memberikan peredaman yang maksimal. Kesan unik didapat saat memilih lingkar roda, velg Enkei Japan 7 Spoke 19X2.50 & 16X3.00 inch copotan salah satu motor keluaran pabrikan Jepang justru dipilih oleh Bro Kleist untuk dipasang dengan berpadu karet bundar Avon Cobra 120/70-19 untuk depan dan 150/80-16 untuk buritan. “Keren juga Mas pakai velg klasik Jepangan, justru itu seni kustom, kita bisa bebas berekspresi…”, ujar Bro Kleist saat melihat bagian lingkar roda terpasang. Kelar keseluruhan bagian rangka dan kaki-kaki terpasang giliran bodi digarap, menggunakan material plat galvanil 1.2 mm tangki yang dibentuk ala peanut, tangki oli serta spatboard belakang dibuat menyesuaikan dengan dimensi rangka untuk memberikan hasil akhir harmonis. Tuntas pengerjaan bodi giliran Komet Studio ambil bagian, sapuan warna hitam dengan kombinasi stripping halus berpadu dengan garis tegas warna emas yang diambil dari sebagian motif  Uis Adat Karo Beka Buluh. Material cat dan pernis mengandalkan keluaran Sikkens yang mampu memberikan hasil maksimal di proses pengerjaan painting & airbrush. “Sedap lihatnya Mas, gak sia-sia menunggu hasil pengecatan lebih dari satu bulan…”, sambung pria yang tinggal didaerah Depok – Jawa Barat ini. Pamungkas dari rangkaian project kustom ini adalah memasang peranti yang dirasa pas dengan tampilan motor keseluruhan. Stang fat bar lansiran Khrome Werks, Forward Control Bikers Choice serta lampu depan dan belakang aftermarket serta knalpot custom 2 in 2 freeflow memberikan aksentuasi tersendiri di final proses pengerjaan motor yang berjuluk DeKARO ini.
Jujur saat menuntaskan proses pengerjaan motor ini ada kepuasan tersendiri yang kita rasakan. Aura oldskool chopper dengan ciri khas hardtail frame berpadu apik dengan beberapa peranti modern yang terpasang di motor milik Bro Kleist ini. Pun begitu dengan apa yang dirasakan oleh sang pemilik motor, “tampilan akhir yang mewah Mas, kesan simpel yang tidak hilang tapi betul-betul terlihat sangat elegan, terbayang untuk sedikit menambahkan satu atau dua peranti pendukung untuk lebih mengentalkan aura mewah yang ada…”, ucap Bro Kleist saat melihat hasil akhir tampilan motor yang proses pembuatannya betul-betul dinikmati olehnya. Tersirat juga rasa bangga bahwa negara kita memang betul-betul memiliki ratusan atau bahkan ribuan kekayaaan budaya dari tiap-tiap suku yang ada dan sangat pantas untuk dituangkan dan di eksploitasi di sebuah karya kustom. That’s why we called it DeKARO!
Spesifikasi :
  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Frame Custom Hardtail by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Velg Enkei Japan 7 Spoke 19X2.50 & 16X3.00 Inch
  • Avon Cobra 120/70-19 & 150/80-16
  • Lampu Depan Aftermarket
  • Lampu Belakang JUTE
  • Handlebar Khrome Werks
  • Forward Control Bikers Choice
  • Exhaust Custom by Asky Muffler

THE SINATRA 2 – HARLEY DAVIDSON DYNA SUPERGLIDE ’99

Kustomfest 2014 yang baru saja digelar pada tanggal 11 – 12 Oktober 2014 memang bisa menjadi pemacu bagi seluruh pecinta dan penikmat kustom untuk menyiapkan tunggangannya guna diikutsertakan di event yang memang menjadi barometer dunia kustom di Indonesia saat ini. Begitu juga dengan Achmad Zulkarnain atau biasa disapa Bro Ijul, mengutarakan niatnya untuk bisa mengikutsertakan Harley Davidson Dyna Superglide lansiran tahun 1999 miliknya yang baru beberapa bulan lalu rampung pengerjaannya di workshop STUDIO MOTOR  agar bisa tampil ajang tersebut. Sedikit ubahan dari tampilan motor sebelumnya dilakukan, termasuk juga merubah desain warna serta permainan seni airbrush agar bisa lebih menyelaraskan dengan wujud motor yang lebih berkiblat pada tampilan American Oldskool Chopper dengan bentukan rangka hardtail dan penggunaan springer pada peredam kejut depan. Dari sedikit ubahan yang mulai dikerjakan tepat dua bulan sebelum acara Kustomfest berlangsung hasil positif didapat di ajang tersebut, predikat RUNNER UP untuk kelas AMERICAN CHOPPER BOBBER yang dinilai langsung oleh salah satu legenda kustom dunia, Cole Foster (Salinas Boys), berhasil diraih oleh motor yang memiliki nama THE SINATRA ini. Congratulation!!!!
Spesifikasi :
  • Frame Custom by STUDIO MOTOR
  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Springer Front End Custom by STUDIO MOTOR
  • Front Wheel 19X3.00 Inch + Avon Cobra 120/70-19
  • Rear Wheel 18X5.00 Inch + Shinko Radial 011 170/60-18
  • Handlebar Khrome Werkz
  • Headlight 4″ Low Brow
  • Stoplight Independent Jute
  • Forward Control PM
  • Exhaust 2 In 1 Danmoto Competition

THE SHIFT 2 – HARLEY DAVIDSON SPORTSTER XL1200 ’06

Kebebasan menyalurkan ide, konsep serta pemikiran pada sebuah motor memang nyaris tanpa batas. Seiring bertumbuhnya minat dan kecintaan setiap orang pada dunia kustom maka semakin banyak terlihat ide dan konsep segar dari motor-motor kustom di Indonesia. Ini yang patut kita banggakan, bahwasanya kustom scene di negara ini semakin tumbuh berkembang menjadi sebuah industri kreatif yang luar biasa. Apa yang terlihat saat ini pun menjadi salah satu pemacu bagi Thomas Mintorogo untuk merasakan sensasi serta kebebasan berekspresi pada besutan roda duanya. Alih-alih tanpa sayang pria yang bekerja disalah satu ATPM mobil di Indonesia ini memboyong sebuah Harley Davidson Sportster XL1200 lansiran 2006 miliknya ke workshop STUDIO MOTOR untuk dirombak sesuai dengan apa yang menjadi impiannya selama ini.“Terpikir untuk gabungin konsep Oldskool pada motor dengan tampilan ala Pro Street Mas, ada sedikit style ala Cafe Racer tapi tidak dominan…”, begitu ucap Bro Thomas saat mengutarakan apa yang menjadi keinginannya. Pasca diskusi dan sepakat dengan beberapa peranti yang akan dijejalkan maka dimulailah proses pengerjaan motor yang setelah selesai diberi nama THE SHIFT 2 ini.
Langkah awal pengerjaan dikonsentrasikan pada pembuatan rangka baru untuk dijejali engine Sportster XL1200 tersebut, mengandalkan material pipa seamless 1.25 dan 1 inch sasis dibentuk model hardtail sesuai dengan bentukan konsep yang dibawa oleh sang mpu-nya motor. Dibagian kaki-kaki shock depan teleskopik 41 mm copotan Harley Davidson tipe Softail dijejali untuk memberikan kenyamanan saat diajak riding. Lingkar rodanya sendiri dipilih velg fatspoke DNA dengan dimensi 19X3.00 inch dan 16X4.50 inch yang dipadukan ban Shinko SR777 120/70-19 dan 150/80-16 untuk bagian depan dan buritan. Tuntas pengerjaan pembuatan sasis dan setting kaki-kaki giliran lanjut pada proses pengerjaan bodi, keselurahan bodi dibentuk sesuai konsep dengan model tangki yang sedikit bergaya Japanese dengan model buntut belakang yang unik bergaya Cafe Racer tanpa terlalu menunjukkan model hornet yang rounded. Kelar bermain-main pada pembentukan bagian bodi dilanjut proses pengerjaan painting & airbrush. Komet Studio yang dipercaya menangangi proses ini cukup berani untuk mengombinasikan garis-garis desain yang tegas dengan motif realis pada tiap bagian sisi bodi. Untuk warna dasarnya sendiri dipilih perpaduan coklat dan gold dengan kombinasi kuning cukup bisa membuat tampilan motor menjadi lebih segar. Dibagian akhir pengerjaan beberapa peranti pendukung dijejali pada motor ini, filter udara K&N, handlebar Khrome Werkz, hand control Billet Specialties serta saluran buang ala scrambler style 2 in 2 racikan Rough Crafts memberikan kesan yang menonjol pada hasil akhir HD Sportster milik Bro Thomas ini.
Akhir dari seluruh proses pengerjaan banyak memberikan kepuasan tersendiri bagi kami, tampilan ala Pro Street Cafe dipadukan dengan bentukan sasis hardtail bisa berpadu menciptakan wujud yang cukup harmonis. Pun begitu saat HD Sportster ini dijajal untuk ikut serta dalam event Kustomfest yang baru saja diadakan di bulan Oktober 2014, respon yang cukup positif berdatangan dari pengunjung yang melihat wujud THE SHIFT 2. Bagi Bro Thomas motor ini juga menjadi salah satu refleksi dari dirinya untuk bisa menikmati besutan yang sangat personal.
Spesifikasi ::
  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Frame Custom by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Front End Teleskopik 41 mm
  • Velg DNA Fat Spoke 19X3.00 Inch & 16X4.50 Inch
  • Ban Shinko SR777 120/70-19 & 150/80-16
  • Handlebar Khrome Werkz
  • Hand Control Billet Specialties
  • Filter Udara K&N
  • Exhaust 2 in 2 Black Ceramic Rough Crafts

THE DRILL – HARLEY DAVIDSON SOFTAIL 1340 EVO ’97

Sejak pertama kali diskusi soal keinginan membangun sebuah motor pilihan engine dari Harley Davidson sebetulnya sudah ditetapkan oleh Panji Aryo Prabowo, dimulai dari rencana membangun dari nol dengan menggunakan engine HD Sportster XL1200 hingga akhirnya secara mantap Bro Panji, begitu biasa disapa, memilih Harley Davidson Softail 1340 Evo untuk project pertamanya ini. “Beberapa kawan menyarankan Softail Evo untuk dijadikan bahan Mas, plus juga saran dari Mas Donny,  mengingat budget yang masih masuk dari rencana biaya yang saya siapkan jadi sekalian saja kita pakai basic HD Softail Evo untuk di kustom…”, ujarnya saat memutuskan motor donor yang akan digunakan.Proses hunting dimulai untuk mendapatkan motor yang diinginkan hingga akhirnya secara tidak sengaja mendapatkan HD Softail Evo 1340 keluaran tahun 1997 dengan kondisi motor yang masih sangat terawat. Setelahnya diskusi soal konsep terus bergulir dari ide awal membangun dengan konsep Pro Street sampai akhirnya pria yang berdomisili di daerah Cibubur ini mantap memilih tampilan Oldskool Bobber dengan pertimbangan tampilan akhirnya nanti tidak cepat membosankan.
Proses awal pengerjaan melucuti seluruh bodi serta kelengkapan lain bawaan motor hingga hanya disisakan sasis dan mesin. Shock depan tetap mengandalkan bawaan motor dengan pertimbangan kenyamanan saat diajak riding. Untuk lingkar velg juga masih menggunakan bawaan motor, sedikit sentuhan dengan melabur velg dan juga hub roda dengan warna hitam. Mengejar kesan klasik karet bundar Firestone Deluxe Champion 5.00-16 dipilih untuk depan dan belakang. Selesai mengerjakan bagian kaki-kaki giliran bodi digarap. Mengandalkan material plat galvanil dengan ketebalan 1.2 mm seluruh bagian bodi meliputi fender depan, tangki, jok dan juga fender belakang dibuat sesuai dengan konsep yang diinginkan si mpu-nya motor. “Jangan lupa untuk dibuatkan alas jok boncenger ya Mas supaya bisa riding berduaan dengan istri nanti…”, pesan Bro Panji sesaat sebelum proses pembuatan bodi dimulai. Untuk warna disesuaikan dengan tema oldskool yang dipilih, laburan kombinasi warna coklat dan gold plus sentuhan pen stripping motif batik menjadi bagian dari konsep keseluruhan saat pemilihan detail warna dan tema airbrush yang diinginkan Bro Panji. Melengkapi proses pengerjaan beberapa parts pendukung dipilih langsung pria yang bekerja disalah satu perusahaan asing pengeboran minyak ini, stang ape hanger 16 inch, forward control billet specialties berikut hand controlnya, filter udara keluaran RSD dan juga saluran buang 2 in 2 racikan Sampsons membuat tampilan motor ini secara keseluruhan menjadi lebih gahar.
Hampir tiga bulan seluruh rangkaian pengerjaan motor ini tuntas dilakukan. Bertepatan dengan event Kustomfest 2014 bulan Oktober lalu motor yang dijuluki THE DRILL oleh pemiliknya ini di uji coba penuh rute Jakarta – Yogyakarta. Tampilannya yang lebih berkesan nakal dengan style bobber yang khas mampu mendatangkan respon yang positif dari setiap orang yang melihat. Terpenting dari semuanya bahwa THE DRILL dengan basic Harley Davidson Softail 1340 Evo ini adalah pencerminan jiwa Bro Panji dan juga pengejawantahan dari apa yang ada dibenak Bro Panji selama ini. Start doing things You love Brother!
Spesifikasi :
  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Ban Firestone Deluxe Champion 5.00-16
  • Stang Ape Hanger 16 Inch
  • Lampu Depan JUTE
  • Forward Control Billet Specialties
  • Hand Control Billet Specialties
  • Side Bag OEM Harley Davidson
  • Filter Udara RSD
  • Exhaust 2 in 2 SAMPSONS