Kebebasan menyalurkan ide, konsep
serta pemikiran pada sebuah motor memang nyaris tanpa batas. Seiring
bertumbuhnya minat dan kecintaan setiap orang pada dunia kustom maka
semakin banyak terlihat ide dan konsep segar dari motor-motor kustom di
Indonesia. Ini yang patut kita banggakan, bahwasanya kustom scene di
negara ini semakin tumbuh berkembang menjadi sebuah industri kreatif
yang luar biasa. Apa yang terlihat saat ini pun menjadi salah satu
pemacu bagi Thomas Mintorogo untuk merasakan sensasi serta kebebasan
berekspresi pada besutan roda duanya. Alih-alih tanpa sayang pria yang
bekerja disalah satu ATPM mobil di Indonesia ini memboyong sebuah Harley
Davidson Sportster XL1200 lansiran 2006 miliknya ke workshop STUDIO
MOTOR untuk dirombak sesuai dengan apa yang menjadi impiannya selama
ini.“Terpikir untuk gabungin konsep Oldskool
pada motor dengan tampilan ala Pro Street Mas, ada sedikit style ala
Cafe Racer tapi tidak dominan…”, begitu ucap Bro Thomas saat
mengutarakan apa yang menjadi keinginannya. Pasca diskusi dan sepakat
dengan beberapa peranti yang akan dijejalkan maka dimulailah proses
pengerjaan motor yang setelah selesai diberi nama THE SHIFT 2 ini.
Langkah awal pengerjaan
dikonsentrasikan pada pembuatan rangka baru untuk dijejali engine
Sportster XL1200 tersebut, mengandalkan material pipa seamless 1.25 dan 1
inch sasis dibentuk model hardtail sesuai dengan bentukan konsep yang
dibawa oleh sang mpu-nya motor. Dibagian kaki-kaki shock depan
teleskopik 41 mm copotan Harley Davidson tipe Softail dijejali untuk
memberikan kenyamanan saat diajak riding. Lingkar rodanya sendiri
dipilih velg fatspoke DNA dengan dimensi 19X3.00 inch dan 16X4.50 inch
yang dipadukan ban Shinko SR777 120/70-19 dan 150/80-16 untuk bagian
depan dan buritan. Tuntas pengerjaan pembuatan sasis dan setting
kaki-kaki giliran lanjut pada proses pengerjaan bodi, keselurahan bodi
dibentuk sesuai konsep dengan model tangki yang sedikit bergaya Japanese
dengan model buntut belakang yang unik bergaya Cafe Racer tanpa terlalu
menunjukkan model hornet yang rounded. Kelar bermain-main pada
pembentukan bagian bodi dilanjut proses pengerjaan painting &
airbrush. Komet Studio yang dipercaya menangangi proses ini cukup berani
untuk mengombinasikan garis-garis desain yang tegas dengan motif realis
pada tiap bagian sisi bodi. Untuk warna dasarnya sendiri dipilih
perpaduan coklat dan gold dengan kombinasi kuning cukup bisa membuat
tampilan motor menjadi lebih segar. Dibagian akhir pengerjaan beberapa
peranti pendukung dijejali pada motor ini, filter udara K&N,
handlebar Khrome Werkz, hand control Billet Specialties serta saluran
buang ala scrambler style 2 in 2 racikan Rough Crafts memberikan kesan
yang menonjol pada hasil akhir HD Sportster milik Bro Thomas ini.
Akhir dari seluruh proses pengerjaan
banyak memberikan kepuasan tersendiri bagi kami, tampilan ala Pro
Street Cafe dipadukan dengan bentukan sasis hardtail bisa berpadu
menciptakan wujud yang cukup harmonis. Pun begitu saat HD Sportster ini
dijajal untuk ikut serta dalam event Kustomfest yang baru saja diadakan
di bulan Oktober 2014, respon yang cukup positif berdatangan dari
pengunjung yang melihat wujud THE SHIFT 2. Bagi Bro Thomas motor ini
juga menjadi salah satu refleksi dari dirinya untuk bisa menikmati
besutan yang sangat personal.
Spesifikasi ::
- Body Custom by STUDIO MOTOR
- Frame Custom by STUDIO MOTOR
- Painting & Airbrush by KOMET Studio
- Front End Teleskopik 41 mm
- Velg DNA Fat Spoke 19X3.00 Inch & 16X4.50 Inch
- Ban Shinko SR777 120/70-19 & 150/80-16
- Handlebar Khrome Werkz
- Hand Control Billet Specialties
- Filter Udara K&N
- Exhaust 2 in 2 Black Ceramic Rough Crafts
Tidak ada komentar:
Posting Komentar