BosMobil.com - Sebelum Honda Civic Estilo yang kami
liput ini, Hans Gunawan pernah memiliki mobil yang sama namun beda
spesifikasi. Ya, mobil sebelumnya di-modifikasi dengan memakai mesin
B18C dari Integra DC2 untuk menyalurkan hobinya yaitu ngebut. “Terakhir
pakai B18C selama 4 tahun dan sudah bosan,” ucap Hans. Untuk melihat
artikel Honda Civic Estilo sebelumnya, bisa klik disini.
Oke deh, back to topic, Hans memang sudah memiliki rencana untuk
mendapatkan performa lebih dari Honda Civic Estilo-nya. Secara
kebetulan, temannya ingin menjual Honda Civic Estilo berwarna putih
dengan mesin K20R, Hans pun langsung melakukan negosiasi alot. "Jika
ganti mesin pakai mobil yang lama, pasti biaya lebih besar dibandingkan
beli jadi," ucapnya.
Yes... K20R ini adalah mesin bawaan dari Honda Integra Type-R DC5. Ente
pasti tau lah, Type-R memang didesain dengan performa yang lebih
sangar. Mesin yang berkapasitas 2.000 cc lengkap teknologi i-VTEC ini
memiliki tenaga standar 225 HP. Apalagi didukung dengan transmisi
6-speed, bukan main dehhh.
Meskipun tenaga sudah termasuk 'gede', Hans pun tidak menerima
kenyataan begitu saja. Sejumlah parts pendukung untuk meningkatkan
tenaga pun dipasangkan, mulai dari header, fuel rail, fuel pressure
regulator, air filter lansiran Hybrid Racing, kemudian Spoon Sports N1
Muffler dan masih banyak lagi. Apalagi mesin dibikin eye-catching nan
bersih berkat mengadopsi sistem Wire Tuck.
Semua parts telah terpasang, kinerja mesin pun disempurnakan. Kali ini,
ECU bawaan K20R harus dilengserkan, gantinya adalah Hondata K-Pro yang
memang khusus untuk mesin K-Series. "Pakai Hondata karena lebih lengkap
fiturnya. Lagian kalo pake K20R lebih baik pakai Hondata. Kan Hondata
for Honda Freak," jelasnya.
Dengan masih mengandalkan internal mesin bawaan serta kompresi standar
yaitu 11,4:1 , Honda Civic Estilo yang memakai kap mesin karbon dan
spion Spoon Sports ini memiliki tenaga yang lebih besar, yaitu 270 HP
dengan torsi 290 Nm. Beuhhh...
Meskipun demikian, bagi Hans ini adalah masih permulaan. "Mau tuning
ulang ECU-nya lagi supaya dibuat lebih agresif. Kalo kurang puas, yah
berarti spec-up internal mesin, ehehehe. So far, sekarang dinikmati dulu
deh," ucap pria humoris ini. Wah, 270 HP belum cukup bos? Ampun...
Velg 15 Inci Masih Pas
Tenaga yang besar, kaki-kaki juga harus diperkuat. Makanya kaki-kaki
Honda Civic Estilo ini oleh Hans juga dilakukan modifikasi. Tetapi kali
ini, Hans masih menggunakan velg berukuran 15x6,5 inci lansiran Volk
Rays CE28 Time Attack yang mana ukuran tersebut menurut pemikiran
redaksi masih kurang besar untuk menahan tenaga 270 HP. "Gue pikir
Estilo itu paling pas ring 15. Traksi masih dapet asal bejek gas-nya
teratur," tukasnya.
Siap bos, selain itu suspensi pun diganti dengan jenis coilover dari
TEIN berikut Skunk2 Tie Bar dan lower arm control Function7 Engineering.
Faktor keselamatan juga didukung oleh rem GReddy 6-pot Mini Brake
System.
Cihuy lah hehehe...
Speedometer Honda S2000
Ada sesuatu yang unik ketika masuk ke dalam kabin Honda Civic Estilo
milik Hans ini. Yaitu dengan diaplikasikannya speedometer Honda S2000
yang memang tampil digital. "Jarang yang memakai speedometer S2000.
Harusnya sih lebih akurat ya," ucap Hans.
Sementara itu, bagian yang tidak penting dicopot seperti bangku
belakang dan trim di bagian belakang untuk kejar bobot enteng.
Pergantian beberapa bagian seperti jok Bride Digo, setir Spoon Sports,
dan K-Tuned Shift Knob dilakukan untuk mengejar aura racing. "Gak ada
juga yang duduk di belakang hehehe," ucap pria yang sudah berkeluarga
ini.
Hans’s Honda Civic Estilo
Engine : K20R Engine Swap With P&P and Crank Balance, Hybrid Racing Engine Mounting, Hybrid Racing Air Filter With Velocity Stack, Hybrid Racing Oil Cap, Hybrid Racing Fuel Rail, Hybrid Racing Fuel Pressure Regulator, Hybrid Racing Header, Spoon Sports N1 Muffler, Koyorad Radiator With J’s Racing Rad-Cap, Aluminium Power Steering Tank, Oil Cooler.
Wheels&Suspension : Volk Rays CE28 Time Attack Edition 15x6,5 Inch, Toyo R1R 195/50R15, TEIN Coilover Suspension, Skunk2 Tie Bar, Function7 Engineering LCA, Cusco Strut Bar & Rear Strut Bar, GReddy 6-pot Mini Brake System.
Interior : Honda S2000 Gauge Cluster, Bride DIGO Seats, Spoon Sports Steering Wheel, K-Tuned Shift Knob, Pillar C Bar.
Exterior : Carbon Hood, Spoon Sports Mirrors, OEM Lips, OEM Wing, Rear Towing.
Engine : K20R Engine Swap With P&P and Crank Balance, Hybrid Racing Engine Mounting, Hybrid Racing Air Filter With Velocity Stack, Hybrid Racing Oil Cap, Hybrid Racing Fuel Rail, Hybrid Racing Fuel Pressure Regulator, Hybrid Racing Header, Spoon Sports N1 Muffler, Koyorad Radiator With J’s Racing Rad-Cap, Aluminium Power Steering Tank, Oil Cooler.
Wheels&Suspension : Volk Rays CE28 Time Attack Edition 15x6,5 Inch, Toyo R1R 195/50R15, TEIN Coilover Suspension, Skunk2 Tie Bar, Function7 Engineering LCA, Cusco Strut Bar & Rear Strut Bar, GReddy 6-pot Mini Brake System.
Interior : Honda S2000 Gauge Cluster, Bride DIGO Seats, Spoon Sports Steering Wheel, K-Tuned Shift Knob, Pillar C Bar.
Exterior : Carbon Hood, Spoon Sports Mirrors, OEM Lips, OEM Wing, Rear Towing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar