Modifikasi mesin 2 cylinder telah menjalar keseluruh daerah di
Indonesia..... awalnya memodifikasi motor 1 cylinder menjadi 2 cylinder
adalah hal yang sangat tidak masuk akal...namun setelah modifikator asal
purwokerto yang akrab di sapa Yusuf dari bengkel semangat putra mencoba
bereksperiment dengan motor Vespa,Binter dan Honda CB lawasnya berhasil
dan menghasilkan Sound dari suara kenalpot yang luar biasa cool 11/12
dengan motor harley...akhirnya menginspirasi banyak orang untuk mencoba
hal baru tersebut...selang beberapa tahun dari kemunculan motor-motor
modif ekstrem tersebut barulah bermunculan motor-motor serupa dari jenis
kendaraan yang berbeda-beda salah satunya seperti yang saat ini ingin
di ulas oleh I B L J yang yang menggunakan motor bebek sebagai bahan
modifikasinya...Yamaha Vega 2 cylinder L twin
|
Yamaha Vega 2 Cylinder L twin |
Padahal awalnya cuma iseng-iseng...namun akhirnya bro dadan asal
sumedang jawa barat ini merasa tertantang untuk membuatnya secara serius
meski hanya dari sebuah desa kecil di sumedang...dengan menganalisa
rancangan basic konstruksinya yang berawal dari modif kruk as satu stang
seher menjadi 2 stang seher....dengan cara memodifikasi bagian-bagian
dari komponen stang seher dan daun kruk as dengan memapas bagian pada
sisinya di antaranya memapas daun kruk as sebelah kanan sebanyak 3mm
daun kruk asa sebelah kiri 3,5mm...kemudian memapas stangsehernya total
1,5mm...dan berikut ini hasil modifikasinnya
|
Kruk As Modifikasi 2 Cylinder |
Langkah selanjutnya bro dadang membuat dudukan baru untuk blok cylinder
yang ingin di tanam di mesin Vega menjadi 2 Cylinder...dengan cara
mencoak bagian tengah atas Crankcase kemudian di tanam adaptor yang
sebelumnya memang sudah di buat menyerupai posisi dudukan aslinya dimana
bentuknya seperti paking alumunium tebal....setelah menemui titik
centernya kemudian bagian pingirnya di lasbabet alumunium untuk mengisi
kekosongan dari Crankcase yang di coak tadi...cekidot...
|
Crankcash yang di coak bagian tengah atas |
|
Crankcase kemudian di tanam adaptor |
Setelah posis gigi sentrik dirasa posisi dan ukuran tingginya
pas....karna letaknya bersebelahan pada bagian lengan kruk as
...otomatis posisi blok tidak sejajar center...permasalahan ini di atasi
oleh bro dadang dengan cara mengeser Linier dari salah satu blok
tersebut sebanyak -+ 7mm...permasalahan baru timbul karna dengan
bergesernya linier sirip blok banyak yang robek...solusinya di las
alumunium....hal ini lah yang menurut bro dadang menjadi titik yang
paling sulit......piston cukup menggunakan punya Karisma di padu struk
standar menghasilkan kapasitas mesin menjadi 120cc per cilindernya jika
di X 2 makan menjadi 240cc..... Pada sektor pengapian semuanya serba
ganda...dari Pulser, koil, CDI kecuali magnet.....nah biar ga penasaran
denga suara yang di hasilkan ...I B L J turut pula memuat Link Video
dari motor tersebut biar lebih meyakinkan bahwa modifikasi tersebut
memang benar adanya....simak bro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar